Sabtu, 25 April 2015

Naskah Drama Keong Mas



1.      Raden Inu Kertapati                        :
2.      Dewi Candra Kirana            :
3.      Dewi Galuh Ajeng                :
4.      Raja                                        :
5.      Penyihir                                  :
6.      Nenek Tua                             :
7.      Kakek Tua                             :
8.      Narator                                  :
KEONG MAS
     Dahulu Kala, Di istana Kerajaan Daha Hiduplah seorang raja bersama kedua putrinya.  Suatu hari, Raja memanggil kedua putrinya, karena mereka akan kedatangan tamu dari Kerajaan Karuhipan yang bernama Raden Inu Kertapati.
Raja                 : “Putri-Putriku Kemarilah!” (Memanggil kedua putrinya)
Galuh              : (Berjalan menghampiri sang ayah) “Ada apa,ayahanda?”
Kirana             : (Berjalan dibelakang Galuh Ajeng) “Apakah ayahanda memanggilku juga?”
Raja                 : “Iya Putriku, Ada pemberitahuan yang sangat penting.. Besok Raden Inu Kertapati dari Kerajaan Kahuripan akan datang Lusa..”
Kirana : “Lalu, apa Hubungannya dengan kami Ayahanda?”
Raja                 : “Ayah sudah membuat perjanjian dengan Ayah dari Raden Inu Kertapati, bahwa Ayah akan menikahkan salah satu putri Ayah dengan Raden Inu.”
Galuh              : ( Berbinar senang) “Siapa diantara kami yang akan dinikahkan dengan Raden Inu, ayah?”
Raja                 :  “Kami telah memutuskan bahwa Candra Kirana yang akan menikahkan Raden Inu Kertapati.. dan keputusan ini tidak bisa diganggu gugat!”
Galuh              : (Menundukkan kepala) “Maaf ayahanda, Galuh ingin pergi kebelakang.. Permisi.. (Berjalan pergi sambil menundukkan kepala)
Kirana             : (Melihat kepergian Galuh, Kemudian melihat sang Raja) “Terima Kasih,Ayahanda.. Kirana senang sekali..
Raja                 : “Sama-sama anakku.. mari kita persiapkan segala sesuatunya..” (Sambil mengelus kepala Kirana)
     Sementara dewi galuh, merasa iri dengan kirana yang bernasib baik dan mujur akan menikah dengn inu kertapati, niat jahat untuk mencelakai kirana pun terbesit di pikirannya. Ia pun mendatangi sebuah gubuk milik penyihir.
Galuh              : “Permisi, Apa ada orang didalam?” (melihat sekeliling)
Penyihir           : “Apa yang anda butuhkan Gadis manis?” (berjalan menggunakan tongkat)
Galuh              : “Aku membutuhkan bantuanmu! Tolong bantu aku!”
Penyihir           : “Kamu ingin aku melakukan apa?”
Galuh              : “Aku ingin kamu menyihir Candra Kirana menjadi Sesuatu yang menjijikkan! Yang jelas aku ingin Kirana menderita!”
Penyihir           : “Baiklah, aku akan menyihir Candra Kirana sehingga dia tidak dapat  bertunangan dan menikah dengan Raden Inu!”
Galuh              : (Tersenyum senang) “Terimakasih atas bantuanmu, senang bekerja sama dengan penyihir sepertimu! Ini uang sebagai imbalannya.” (Memberi amplop berisi uang)
Penyihir           : (Menerima uang itu) “Sekarang aku akan mempersiapkan kutukan untuknya…”
Galuh              : “Kutunggu kabar darimu, penyihir!!” ( meninggalkan gubuk penyihir dan kembali ke Istana)
     Keesokan Harinya, Candra Kirana pergi ke pasar membeli keperluan untuk menyambut kedatangan Raden Inu Kertapati besok. Sepulang dari pasar Kirana melewati sebuah sungai. Di sungai tersebut kirana dihadang oleh seorang perempuan tua yang buruk rupa. Perempuan tua itu adalah nenek sihir yang diperintah oleh Galuh untuk menyihir Kirana.
Penyihir           : “Hwahahahaha!! Candra Kirana! Apa kabarmu, Hah? Kelihatannya kamu sangat senang  hari ini? Hwahahaha…”
Kirana             : (terkejut) “ Siapa kamu?”
Penyihir           : “Diam! Aku ke sini untuk menyihirmu menjadi keong!!
Kirana             : “Kenapa kamu ingin menyihirku? Apa salahku?”
Penyihir           : “Saudaramu yang menyuruhku untuk menyihirmu.”
Kirana             : “Galuh? Tidak mungkin, kau pasti berbohong !”
Penyihir           : “Sudah ! jangan banyak omong ! terima saja nasibmu! hahahaha.” (mengucapkan mantra untuk menyihir Kirana menjadi Keong)
Kirana                         : “Tidak!” ( Berubah jadi keong emas)
Penyihir           : “Hwahahaha!!!! Kamu hanya akan menjadi manusia pada waktu siang hari, tapi bila menjelang malam, kamu akan kembali menjadi keong!! Kutukan ini akan berakhir bila kamu bertemu dengan Raden Inu!! Hwahahaha!” (Membuang Keong Mas Ke sungai)
     Candra Kirana telah dikutuk menjadi keong emas dan dibuang ke sungai hingga terdampar di Desa Dadapan. Suatu hari seorang nenek sedang mencari ikan dengan jala, dan keong emas terangkut dalam jalanya tersebut. Keong Emas itu lalu dibawanya pulang dan ditaruh di tempayan.
Nenek              : “Oh, keong yang sangat cantik!! Aku akan membawanya pulang!”
     Setibanya dipondok,  nenek itu meletakkan keong itu di tempat yang aman. Lalu dia beristirahat sejenak di kursi.
Nenek              : “Sampai jam segini aku belum juga mendapatkan ikan. Aku harus mencari ikan lagi, kalau tidak mendapat ikan, aku mau makan apa?” ( Pergi keluar untuk mencari ikan)
     Nenek itu kembali mencari ikan di sungai. Kemudian, Kirana kembali ke wujud manusianya.
Kirana             : “ Loh, kenapa aku bisa di sini? Oh iya, tadi ‘kan ada seorang nenek yang membawaku. Kasihan sekali nenek itu, untuk makan saja dia harus mencari ikan terlebih dahulu. Aku akan membuatkan makanan untuknya.”
     Hingga menjelang malam nenek itu tidak mendapat ikan seekorpun. Kemudian Nenek tersebut memutuskan untuk pulang saja, sesampainya di rumah ia sangat kaget, karena di meja sudah tersedia masakan yang sangat enak-enak. Si nenek bertanya-tanya pada dirinya sendiri, siapa yang mengirim masakan ini.Begitu pula hari-hari berikutnya si nenek menjalani kejadian serupa, keesokan paginya nenek ingin mengintip apa yang terjadi pada saat dia pergi mencari ikan. Nenek itu lalu berpura-pura pergi ke sungai untuk mencari ikan seperti biasanya, lalu pergi ke belakang rumah untuk mengintipnya. Setelah beberapa saat, si nenek sangat terkejut. Karena keong emas yang ada ditempayan berubah wujud menjadi gadis cantik. Gadis tersebut lalu memasak dan menyiapkan masakan tersebut di meja. Karena merasa penasaran, lalu nenek tersebut memberanikan diri untuk menegur putri nan cantik itu.
Nenek              : “Siapakah kamu ini putri cantik, dan dari mana asalmu?”
Kirana             : ( Menoleh kaget) ” Aku….aku…aku Candra Kirana. Aku adalah putri kerajaan Daha yang disihir menjadi keong emas oleh nenek sihir utusan saudaraku karena merasa iri kepadaku”
Nenek              : ( Merasa iba) “ kasihan sekali dirimu, Nak…Nenek tidak tahu saudara macam apa saudaramu itu, hingga tega ingin mengutukmu! Tapi namanya manusia kalau sudah cemburu,…apapun dia lakukan! Ya, sudah…sementara kamu boleh tinggal di sini, Nak…”
Kirana             : “ Terimakasih, Nek…”
     Sementara itu pangeran Inu Kertapati tak mau diam saja ketika tahu candra kirana menghilang. Iapun mencarinya dengan cara menyamar menjadi rakyat biasa. Nenek sihirpun akhirnya tahu dan mengubah dirinya menjadi gagak untuk mencelakakan Raden Inu Kertapati. Raden Inu Kertapati Kaget sekali melihat burung gagak yang bisa berbicara dan mengetahui tujuannya. Ia menganggap burung gagak itu sakti dan menurutinya padahal raden Inu diberikan arah yang salah.
Raden Inu       : (Terkejut) “siapa kau ?”
Burung Gagak : “ Tenang anak muda, aku akan menunjukkan arah ke Desa Dadapan, di sana kamu akan bertemu dengan Candra Kirana.”
Raden Inu       : “ Darimana kau tahu tujuan perjalananku? Siapa kau sebenarnya?”
Burung Gagak : “ Kau tidak perlu tahu siapa aku, ikuti saja petunjuk yang kuberikan.”
Raden Inu       : “ Baiklah, terima kasih atas pertolonganmu.”
     Setelah berjalan cukup jauh mengikuti petunjuk arah dari burung gagak, Raden Inu tidak juga menemukan Desa Dadapan. Diperjalanan Raden Inu bertemu dengan seorang kakek yang sedang kelaparan, diberinya kakek itu makan. Ternyata kakek itu adalah orang sakti yang baik Ia menolong Raden Inu dari burung gagak itu.
Kakek              : “Tolonglah nak, sudah beberapa hari kakek tidak makan.”
Raden Inu       : “Oh, ini kek, ada sedikit makanan.” (memberi sepotong roti)
Kakek              : “Terima kasih anak muda. Janganlah kau mengikuti petunjuk yang diberikan burung gagak tadi, dia sebenarnya adalah jelmaan nenek sihir, dia memberikan arah yang salah padamu.”
Raden Inu       : “Lalu apa yang harus kulakukan kek?”
Kakek              : “Berjalanlah mengikuti aliran sungai ini, di ujung sana kamu akan menemukan Desa Dadapan.”
Raden Inu       : “Terima kasih kek, saya akan melanjutkan perjalanan ini.”
Kakek              :  “Berhati-hatilah dalam perjalananmu,anak muda.”
Raden Inu       : “Baiklah kek.”
     Setelah berjalan berhari-hari sampailah Raden Inu di desa Dadapan Ia menghampiri sebuah gubuk yang dilihatnya untuk meminta seteguk air karena perbekalannya sudah habis. Di gubuk itu ia sangat terkejut, karena dia bertemu dengan Candra Kirana.  Akhirnya sihir dari nenek sihir pun hilang karena perjumpaan itu.
Raden Inu       : “Ah,…di sana ada pondok! Mungkin aku bisa numpang istirahat di sana untuk sementara waktu dan setidaknya aku mendapat seteguk air. Aku merasa lelah sekali setelah berjalan sejauh ini.”( Menghampiri pondok itu) “ Permisi!!…”
Kirana             : “Iya, sebentar…” ( membuka pintu)
Raden Inu       : (Terkejut) “ Bukankah kamu….Candra Kirana?”
Kirana             : “Raden Inu? Kenapa bisa ada di sini?”
Raden Inu       : “Ceritanya panjang, sudah berhari-hari aku mencarimu. Sekarang ayo kita pulang, ayahmu sudah menunggumu.”
Kirana             : “Terimakasih banyak, karena kamu sudah menyelamatkanku.”
     Dari dalam rumah terdengar suara nenek memanggil Kirana.
Nenek              : “Siapa, Kirana?”(Berjalan mendekati Kirana)
Kirana             : “Oh, Nenek…kenalkan ini adalah Raden Inu yang Kirana ceritakan waktu itu. Dia menjemput Kirana untuk pulang. Tapi, Kirana tidak tega meninggalkan Nenek sendirian.”
Nenek              : “Tidak apa-apa, Kirana. Pulanglah, pasti kamu merindukan keluargamu.”
Raden Inu       : “Begini saja, Nenek ikut kami ke Istana dan hidup bersama kami.”
     Akhirnya Raden Inu memboyong Candra Kirana beserta nenek yang baik hati tersebut ke istana, dan Candra Kirana menceritakan perbuatan Dewi Galuh pada Sang Raja. Raja minta maaf kepada Candra Kirana dan sebaliknya. Dewi Galuh lalu mendapat hukuman yang setimpal. Karena Dewi Galuh merasa takut, maka dia melarikan diri ke hutan. Pernikahan Candra kirana dan Raden Inu Kertapati pun berlangsung, dan pesta tersebut sangat meriah. Akhirnya mereka hidup bahagia.

55 komentar:

  1. thanks naskah dramanyaa,,
    sngatt mmbantuu((:

    BalasHapus
  2. maaf min boleh dipake buat referensi gk (buat tugas sekolah drama)

    :):):):):):):):):):):):):)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh kok xD walau kayaknya udah lewat ya xD maaf maaf ya baru dibalas :'(

      Hapus
  3. Terima kasih cis, sangat membantu buat tugas drama

    BalasHapus
  4. izin save untuk tugas seni budaya

    BalasHapus
  5. izin copy pste ya kak, untuk dipentaskan didepan kelas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh boleh! semangat ya xD walau udah lewat kayaknya xD

      Hapus
  6. makasih ya kak sangat membantu nilai uas ku :D

    BalasHapus
  7. Min ada musik keong masnya ngk

    BalasHapus
  8. Kak ijin copy paste , buat tampil di depan kelas

    BalasHapus
  9. kak ni mau bertanya ...nilai nilai religius nya apa? dan nilai nilai modal nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai religius itu kan nilai2 yang berhubungan dengan agama dek... contohnya solat, menyembah dll. mungkin bisa dibaca ulang dan periksa apa saja nilainya.

      kalau yang saya tau, nilai modal gak ada... adanya nilai moral..

      semoga bermanfaat :)

      Hapus
  10. Ijin pakai buat tugas ya min.. arigato!!

    BalasHapus
  11. makasih sangat sangat membantu :)

    BalasHapus
  12. Makasih yaa, bisa buat tugas kelompok `√`

    BalasHapus
  13. Ijin min.di copy buat tugas sekolah..smpn1

    BalasHapus
  14. Terimakasih min, sangat membantu. izin dipakai untuk tugas sekolah yaaa ><

    BalasHapus
  15. Kak izin nulis yaa buat tugas, terima kasih kakk sehat selalu

    BalasHapus
  16. kak untuk penulis atau pengarangnya siapa ya

    BalasHapus
  17. Terimakasih, berkat kakak tugas seni budayaku selesai. Ibuku pasti bangga😎

    BalasHapus
  18. Terima kasih kak, saya izin mencontoh untuk tugas Drama saya kak. sehat selalu kak

    BalasHapus